Rabu, 02 Februari 2011

Menggunakan Komputer Sesuai Prosedur


A.   Mengaktifkan komputer sesuai prosedur
Perhatikanlah sebuah perangkat komputer secara saksama. Kalian akan melihat bahwa komputer pasti mempunyai kabel yang tersambung pada sumber listrik. Sebuah komputer harus tersambung dengan arus listrik agar dapat digunakan. Oleh karena itu, langkah pertama dalam menghidupkan komputer adalah mencolokkan kabel power dari komputer ke stop kontak (arus listrik). Hidupkan komputer dari keadaan listrik mati.
Langkah langkah yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut.
1.      Pastikan komputer kalian telah terhubung dengan arus listrik.
2.      Nyalakan Stabilizer dengan menggeser posisi saklar ke arah ON. Stabilizer akan menunjukkan lampu indikator menyala dan atau jarum penunjuk angkah tegangan listrik yang bergeser.
3.      Tekanlah tombol power yang terdapat pada kotak CPU. (perhatikanlah lampu indikator yang menunjukkan CPU telah menyala).
4.      Tekanlah tombol power monitor untuk menyalakannya.
Setelah komputer terhubung dengan arus listrik dan tombol power-nya ditekan, beberapa saat kemudian akan terlihat komponen-komponen komputer, seperti keyboard, monitor, dan printer mulai menyala. Itu adalah tanda bahwa komputer sedang menguji baik tidaknya semua komponen yang sudah terpasang. Proses menguji keberadaan komponen-komponen komputer serta menyiapkan komputer untuk tugas selanjutnya dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut sistem operasi. Karena itu, agar dapat berfungsi, komputer harus memiliki sistem operasi di dalamnya.
Untuk mencegah hilangnya data atau informasi akibat putusnya arus listrik secara tiba-tiba, komputer desktop dapat dihubungkan dengan sebuah peralatan bernama UPS (uninteruptible power supply). Jika listrik mendadak padam, maka UPS akan menggantikan fungsi listrik untuk sementara.
Beberapa saat setelah di hidupkan, komputer mungkin akan menampilkan logo seperti gambar berikut.


(tampilan yang muncul saat komputer dinyalakan. Tidak semua komputer menampilkan logo tersebut)
Setelah semua komponen siap untuk digunakan, akan tampak tampilan gambar dan beberapa kotak kecil di layar monitor kalian. Kotak-kotak kecil itu disebut ikon. Seperti pada gambar berikut

.
B.   Mematikan komputer sesuai prosedur
Setelah kalian selesai beraktivitas dengan komputer, kalian harus mematikan komputer. Mematikan komputer tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Jika kalian mematikan komputer secara sembarangan, perangkat lunak yang ada di komputer tersebut akan rusak.
Untuk memastikan sebuah komputer, kalian harus memperhatikan urutannya dengan saksama. Agar lebih jelas, lakukan hal-hal berikut.
1.      Jika masih ada program aplikasi yang masih terpasang, nonaktifkan atau tutuplah program aplikasi tersebut.
2.      Setelah program aplikasi ditutup, tutuplah sistem operasi windows. Caranya, klik mouse pada taskbar Start yang ada di pojok kiri bawah, kemudian pilih ikon Turn Off  Computer yang terletak di baris paling bawah.
3.      Setelah kalian mengklik tombol Turn Off Computer, akan tampak tampilan seperti gambar berikut.


4.      Karena kalian ingin mematikan komputer, maka kliklah pilihan Turn Off, Tunggu beberapa saat. Sistem operasi akan ditutup dan komputer akan mati. (pada windows versi yang lain, mungkin perintah yang ada adalah Shut Down. Untuk mematikan komputer, kliklah tombol Shut Down tersebut)

C.   Mengenal Stabilizer
Jika tegangan listrik yang masuk ke komputer sering tidak stabil, maka dalam jangka waktu yang tidak lama komputer akan menjadi rusak. Untuk mengatasi hal ini, kalian dapat menggunakan stabilizer. Stabilizer adalah alat bantu yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke komputer kalian. Dengan menempatkan stabilizer di antara komputer dengan sumber listrik, komputer akan terlindung dari perubahan tegangan yang tiba-tiba.
D.   Mengenal tombol Ctrl-Alt-Del
Pernahkah kalian mengalami komputer yang tiba-tiba tidak berfungsi meskipun tampilan program masih terlihat di monitor? Kalian mencoba menekan-nekan tombol keyboard, tetapi tidak ada respon dari komputer. Hal ini menunjukan komputer kalian menghadapi persoalan yang biasa disebut hang (dibaca : heng). Supaya komputer dapat bekerja kembali, maka komputer harus dihidupkan ulang. Langkah tersebut dinamakan restart. Cara melakukan restart adalah dengan menekan ketiga tombol Ctrl-Alt-Del secara hampir bersamaan. Setelah langkah ini dilakukan, kalian akan melihat komputer mulai melakukan proses ulang seperti saat pertama dihidupkan.

Pengoperasian komputer harus dilakukan dengan urutan yang benar. Untuk menghidupkan komputer, diperlukan sumber daya listrik yang memadai. Komputer yang sudah selesai digunakan harus segera dimatikan dengan urutan yang benar pula.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar